Anti Nyamuk Alami dan Cara Membuatnya

Anti Nyamuk Alami dan Cara Membuatnya - Memakai obat anti nyamuk  dari bahan-bahan kimia memang menimbulkan beragam dilema yang berefek pada gangguan kesehatan bagi para penggunanya. Orang-orang kini mulai berpikir bagaimana membuat berbagai obat anti nyamuk alami yang aman bagi kesehatan. Memakai obat anti nyamuk bakar misalnya, disamping asapnya yang menyesakkan dada, bau tak sedap dari kandungan zat kimia yang terbakar akan menimbulkan efek alergi bagi sebagian orang. Memakai obat anti nyamuk eletrik juga tak jauh beda, bau yang menyesakkan dada terkadang juga tak hanya membuat nyamuk yang mati, Anda pun lama kelamaan bisa mati akibat akumulasi dari zat-zat kimia yang terhirup dari obat anti nyamuk elektrik tersebut.

Obat anti nyamuk semprot juga tak jauh beda. Lagi-lagi aroma bahan kimia yang menyesakkan dada akan membuat orang-orang di sekitarnya tak nyaman. Meskipun sebagian orang tak masalah dengan aroma tersebut, namun secara kronis akan berdampak bagi kesehatan para penggunanya. Oleh sebab itu dibutuhkan obat anti nyamuk alami yang aman bagi kesehatan. Kesehatan adalah hal termahal yang harus dijaga setiap waktu. Meskipun kita lolos dari gigitan nyamuk, tak akan ada artinya jika kita pada akhirnya masuk rumah sakit karena sebuah penyakit kronis.
Cara membuat anti nyamuk alami bisa dilakukan dengan berbagai cara. Bisa dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Untuk lebih jelasnya, berikut ini disajikan beberapa cara membuat anti nyamuk alami yang aman bagi kesehatan:

1.    Anti nyamuk alami dari daun serai
Cara membuat anti nyamuk alami yang pertama adalah dengan memanfaatkan daun serai atau ‘sereh’ dalam bahasa Jawa. Serai merupakan bahan dasar obat anti nyamuk alami yang cukup mudah didapatkan. Untuk mengurangi jumlah koloni nyamuk di lingkungan rumah Anda, sangat disarankan untuk menanam tanaman serai sebanyak mungkin di sekitar rumah. Aroma harum yang ditawarkan oleh serai membuat nyamuk tidak betah berlama-lama.
Apabila hal tersebut tidak memungkinkan, Anda juga bisa menggiling serai lalu menambahkannya dengan sedikit air atau minyak makan. Usapkan pada kaki atau bagian-bagian lain yang biasa dihinggapi nyamuk saat sebelum Anda akan tidur. Atau jika Anda ingin lebih praktis, saat ini juga tersedia minyak serai yang dijual dikemasan mirip dengan minyak kayu putih. Minyak tersebut cukup Anda usapkan pada bagian tubuh yang terbuka saat akan tidur.

2.    Kelambu, anti nyamuk alami yang dianggap kolot
Anti nyamuk alami yang satu ini saat ini memang dianggap kurang populer saat ini. Namun sebetulnya inilah cara sederhana yang dilakukan orang-orang dulu untuk menjaga diri dari gigitan nyamuk. Tak perlu repot membuat anti nyamuk alami dari berbagai bahan di sekitar Anda, cukup dengan memasang kain tipis bernama kelambu, Anda akan aman dari gigitan nyamuk sepanjang malam.

Persoalannya sekarang bagaimana Anda menciptakan desain kelambu yang unik dan modern sehingga tidak terkesan kuno. Saat ini di pasaran telah ditemukan berbagai jenis bahan kelambu yang bermotif indah, transparan dan bisa dikombinasikan dengan berbagai desain kamar tidur di rumah Anda. Jadi Anda tetap bisa tampil modern sekaligus terjaga kesehatan secara alami.

3.    Gunakan aneka lotion pewangi tubuh
Cara membuat anti nyamuk alami selanjutnya adalah dengan menjaga aroma tubuh Anda agar senantiasa wangi. Nyamuk sangat tidak suka dengan aroma wangi, oleh karena itu Anda tak perlu mengoleskan obat anti nyamuk kimia ke tubuh Anda. Agar supaya tubuh tetap wangi sekaligus terhindar dari nyamuk, Anda cukup memanfaatkan aneka body lotion yang beroma wangi yang kuat.

0 komentar:

Poskan Komentar