Borussia Dortmund Vs Bayern Munchen : Borussia Dortmund Kalahkan Munchen dengan skor 5-2

Borussia Dortmund Vs Bayern Munchen : Borussia Dortmund Kalahkan Munchen dengan skor 5-2. Berita ini dugem-7.blogspot.com kuti dari bola.liputan6.com. Borussia Dortmund meraih gelar DFB-Pokal untuk kali ketiga sepanjang sejarah. Di partai final musim 2011-2012 yang berlangsung di Olympiastadion, Berlin, Sabtu (12/5) malam waktu setempat atau Minggu (13/5) dinihari WIB, Die Borussen, julukan Dortmund, dengan mengesankan menghancurkan perlawanan klub raksasa Bayern Muenchen dengan skor telak 5-2 (3-1).

Dengan demikian di musim ini Dortmund mampu mengukir rekor baru sepanjang sejarah klub, yaitu meraih double winners atau gelar ganda, setelah beberapa pekan sebelumnya, skuad asuhan Jurgen Klopp berhasil mempertahankan gelar Bundesliga dengan keunggulan delapan angka dari FC Hollywood.

Di laga final yang berlangsung dengan terbuka itu, Dortmund unggul cepat di menit ketiga melalui sepakan pemain bintangnya asal Jepang, Shinji Kagawa. Gol ini bermula dari blunder Luis Gustavo yang ngawur melakukan back-pass. Alhasil bola dimanfaatkan Jakub Blaszczykowski atau Kuba yang melakukan akselerasi ke kotak penalti dan memberikan umpan matang kepada Kagawa. Dengan dingin Kagawa menempatkan bola di sisi yang tak dapat dijangkau kiper Manuel Neuer. 1-0 untuk Dortmund.

Muenchen tersengat. Di menit kedelapan menerima umpan matang dari Arjen Robben, peluang Mario Gomez dapat dipatahkan kiper Roman Weidenfeller. Usaha keras Muenchen membuahkan hasil di menit ke-23 ketika akselerasi Mario Gomez dilanggar kiper Weindefeller. Wasit Peter Gagelmann menunjuk titik putih. Eksekusi Robben mulus. Skor 1-1.

Muenchen terus menyerang. Enam menit berselang, Gomez menyia-nyiakan peluang, berdiri bebas di kotak penalti tembakannya melambung jauh di atas mistar. Di 10 menit terakhir babak pertama, Dortmund tampil ganas. Di menit ke-39, Dortmund mendapat hadiah penalti ketika pergerakan Kuba dilanggar Jerome Boateng. Mats Hummels nyaris gagal menunaikan tugasnya. Arah sepakannya dapat dibaca Neuer. Beruntung laju bola terlalu kencang untuk ditahan tangan Neuer. Skor 2-1 untuk Muenchen.

Di tengah-tengah tekanan Muenchen, memasuki menit pertama injury time, Dortmund memperbesar keunggulan menjadi 3-1 melalui tendangan Robert Lewandowski yang menerima passing cantik dari Kagawa. Lolos dari kawalan Boateng dan Holger Badstuber, Lewandowski berhasil mengelabui Neuer.

Di awal babak kedua, pelatih Muenchen Jupp Heynckes mencoba peruntungan dengan memainkan Thomas Muller dan menarik gelandang bertahan Gustavo. Hasilnya, Dortmund justru mengancam lewat serangan balik. Setelah free-kick Ilkay Gundogan tipis melenceng di sisi kanan gawang Bayern, di menit ke-58, Dortmund memperbesar keunggulan menjadi 4-1 melalui sepakan Lewandowski. Gol ini merupakan andil dari kerja sama Kagawa dan Kevin Grosskreutz.

Muenchen kian bernafsu mengejar ketinggalan. Beberapa detik setelah kiper Neuer memblok sontekan Lewandowski, di menit ke-69, Muenchen mendapat peluang emas. Lewat serangan balik yang cepat, Franck Ribery menyisir sisi kanan pertahanan Dortmund dan menyodorkan umpan lambung ke tengah kotak penalti. Bola disundul Gomez dan membentur mistar gawang!

Di menit ke-75, Muenchen berhasil memperkecil ketinggalan melalui aksi individu yang berkelas dari Ribery. Melewati kawalan sejumlah pemain lawan, dari luar kotak penalti, gelandang serang Timnas Prancis itu melancarkan tembakan mendatar yang mengarah ke pojok kanan gawang Dortmund tanpa dapat dijangkau kiper kedua Mitchel Langerak. Skor 4-2 untuk Muenchen.

Namun, Dortmund tak mau kehilangan momentum. Di menit ke-81, beberapa detik setelah Kagawa ditarik keluar lapangan, Die Borussen memperbesar keunggulan menjadi 5-2 melalui sundulan Lewandowski. Gol ini tak lepas dari kesalahan kiper Neuer saat memotong bola crossing Gundogan. Tangkapan Neuer tak sempurna. Bola lalu diserobot bek Lukasz Piszczek yang kemudian melontarkan umpan lambung dan dimanfaatkan Lewandowski. Skor 5-2. Game over.(MEG)

0 komentar:

Poskan Komentar