Makanan Dan Minuman Yang Bikin Cepat Ngantuk Dan Sulit Tidur


Makanan Dan Minuman Yang Bikin Cepat Ngantuk Dan Sulit Tidur - Ada makanan yang bikin mengantuk, sementara makanan yang lain dapat menyebabkan sulit tidur. Jika seringkali cepat mengantuk atau seringkali kesulitan tidur, ada baiknya meninjau kembali makanan dan minuman yang telah dikonsumsi.

Pilihan makanan tertentu dapat mempengaruhi berbagai kinerja tubuh. Beberapa makanan dapat membuat tubuh merasa berenergi, namun beberapa makanan lain juga dapat membuat tubuh merasa rileks, kemudian mengantuk.

National Sleep Foundation menyebutkan contoh-contoh makanan dan minuman yang dapat mempengaruhi tidur. Berikut yang dugem-7.blogspot.com kutip dari EverydayHealth, Rabu (25/1/2012) antara lain:

1. Karbohidrat
Karbohidrat mengandung triptofan. Triptofan adalah asam amino yang digunakan tubuh untuk membuat serotonin, neurotransmiter yang memperlambat lalu lintas saraf sehingga kerja otak menjadi lebih ringan dan santai. Triptofan ditemukan dalam banyak makanan yang kaya protein.

Protein dari makanan adalah blok bangunan triptofan, maka cemilan terbaik adalah salah satu yang berisi karbohidrat dan protein, seperti sereal dengan susu, selai kacang dengan roti bakar, atau keju dan biskuit.

2. Makan makanan besar
Makan makanan besar juga dapat memicu kantuk, terutama ketika porsi makanan tersebut paling banyak adalah karbohidrat.

3. Kafein
Kafein adalah stimulan yang bekerja dengan menghalangi aksi hormon di otak yang membuat tubuh merasa mengantuk. Dosis kafein yang kuat dapat merangsang pikiran untuk waktu yang singkat.

Berhati-hatilah untuk tidak mengkonsumsi kafein terlalu dekat dengan waktu tidur sebagai efek yang dapat bertahan selama beberapa jam. Kafein di sore hari atau sebelum tidur dapat menghambat rasa kantuk, namun dapat menyebabkan kesulitan tidur. Admin dugem-7.blogspot.com sendiri kalaun uda minum kopi (mengandung kafein) tidak bisa tidur sampai pagi.

4. Minuman energi
Sebagian besar minuman energi dibuat dengan kafein, asam amino esensial, dan banyak gula. Minuman energi efek sementara memang dapat meningkatkan tingkat energi, tetapi minuman tersebut sering dapat menyebabkan mengantuk. Bahan ini dapat meningkatkan kantuk setelah beberapa saat.

Satu-satunya cara efektif untuk memerangi kelelahan adalah untuk mendapatkan tidur yang cukup secara teratur.

5. Alkohol
Banyak orang yang mengonsumsi bir, anggur, atau minuman beralkohol lainnya pada waktu sebelum tidur untuk membantu mereka tertidur. Alkohol dapat membantu tubuh untuk merasa santai dan jatuh tertidur dalam jangka pendek, tetapi dapat mengganggu tidur selama jangka panjang.

Alkohol juga membuat tubuh memasuki tahap lebih dalam saat tidur. Sehingga dapat menyebabkan tubuh bangun tetapi masih merasa lelah meskipun telah memiliki jumlah waktu yang cukup untuk  tidur.

0 komentar:

Poskan Komentar